Latest Updates

TURNAMEN SEPAK BOLA NAGAN RAYA RUSUT

agam sabar pidie
SUKA MAKMUE - Turnamen sepak bola di Kabupaten Nagan Raya yang berlangsung di Lapangan Bola Kaki Gampong Alue Bilie, Kecamatan Darul Makmur, pada Senin (9/3) petang berakhir rusuh setelah ribuan penonton turun ke lapangan. Mereka memprotes kekalahan sebuah klub kesayangannya dalam sebuah pertandingan di wilayah ini.
Klub yang dilaporkan kalah itu berasal dari Gampong Kuta Trieng, Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya. Mereka dikalahkan pemain dari sebuah perusahaan perkebunan di wilayah itu, yakni PT Fajar Baizury.
Berdasarkan informasi yang dihimpun bolaaceh blogspot sejak Senin malam hingga Selasa siang (10/3), kerusuhan itu terjadi justru ketika kedua klub telah menyelesaikan pertandingan dan saling bersalaman. Tiba-tiba seorang pemain dari Fajar Baizury diperlakukan kasar oleh seorang pemain lawan. Akibatnya, situasi menjadi tegang dan supporter yang klubnya kalah langsung berhamburan ke lapangan.
Dalam situasi genting seperti itu, prajurit TNI dan polisi yang berada di lapangan langsung turun tangan melakukan pengamanan. Tapi ketegangan di lapangan makin memuncak, sehingga tak mampu dikendalikan. Massa kian beringas dan ganas.
Akhirnya, petugas keamanan terpaksa melepaskan tembakan peringatan ke udara untuk membubarkan massa yang semakin larut dalam emosi. Hasilnya, kerumuman massa yang mengerumuni pemain maupun wasit buyar seketika dan langsung diamankan ke Mapolsek Alue Bilie yang kebetulan berdekatan dengan lapangan pertandingan.
Setelah beberapa jam dilakukan mediasi dan pertemuan di mapolsek, alhasil disepakati bahwa kedua belah pihak berdamai dan tidak melanjutkan lagi persoalan itu.Namun, setelah iring-iringan mobil dari klub PT Fajar Baizury meninggalkan kantor polisi dan hendak kembali ke perusahaan, tiba-tiba di perjalanan sebuah mobil yang ditumpangi official ikut diserang orang tak dikenal. Pelaku melemparkan batu dari dalam kebun cokelat (kakao) di kawasan Gampong Lamie, Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya. Akibatnya, seorang karyawan perusahaan perkebunan yang duduk di sebelah kiri mobil itu terluka karena batu dan pecahan kaca mobil. Ia terpaksa dilarikan ke Puskesmas Alue Bilie untuk dirawat.
Dalam pada itu, sebagian pendukung dari klub Fajar Baizury memilih berdiam diri lantaran situasi saat kejadian di Nagan dalam kondisi hujan lebat disertai angin kencang. Polisi yang turun ke lokasi penyerangan juga gagal menemukan pelaku yang diperkirakan berjumlah lebih dari dua orang itu.
Kapolres Nagan Raya, AKBP Agus Andrianto SIK melalui Kapolsek Darul Makmur, Iptu M Frans yang dikonfirmasi bolaaceh blogspot Selasa (10/3) kemarin mengakui adanya insiden kerusuhan seusai pertandingan sepak bola dalam sebuah kompetisi yang berlangsung di Gampong Alue Bilie pada Senin (9/3) petang.
Ia mengaku, insiden itu terjadi akibat tak puasnya supporter sebuah klub yang kalah dalam turnamen ini, sehingga membuat keributan dengan cara ramai-ramai turun ke lapangan pertandingan. Namun, aksi itu berhasil ditangani setelah polisi bersama TNI turun ke lapangan untuk mengamankan pemaian dan panitia pelaksana.
“Kami terpaksa melepaskan tembakan ke udara guna menenangkan situasi yang saat itu rusuh, sehingga kerusuhan bisa reda,” kata Iptu M Frans.
Dalam menangani persoalan itu pihaknya juga sempat melakukan mediasi dan musyawarah dengan kedua belah pihak yang bertikai. Mereka berniat menyelesaikan persoalan ini secara kekeluargaan. Namun, setelah dilakukan perdamaian di Mapolsek Darul Makmur tiba-tiba sebuah mobil pendukung dari PT Fajar Baizury diserang menggunakan batu di kawasan Lamie, sehingga seorang karyawan perusahaan itu terluka.
“Kami sudah turun ke lokasi, tapi belum menemukan pelakunya. Sedangkan korban yang mengalami luka kini sudah diperbolehkan pulang setelah mendapat perawatan di Puskesmas Alue Bilie,” kata Iptu M Frans.Menurut M Frans, ia sudah memanggil kedua belah pihak yang bertikai untuk penyelesaian masalah tersebut. Namun, pelaku yang menyerang konvoi mobil dari klub perusahaan perkebunan sawit itu hingga tadi malam masih dikejar polisi. by football news atjeh

0 Response to "TURNAMEN SEPAK BOLA NAGAN RAYA RUSUT"

Post a Comment